Sabtu, 12 Desember 2015

#INKTOBER 2015

Inktober, saya baru mengetahuinya di tahun 2014, namun moment tersebut terlewatkan karena saya terlambat menyadarinya. Lalu apa itu Inktober? Pendapat saya pribadi inktober adalah kegiatan Tantangan 1 hari membuat 1 sketsa di bulan Oktober. 30 hari ? ya 30 sketsa.

Tantangan Inktober dipelopori oleh om Jake Parker, seorang ilustrator Disney atau Pixar..seperti itulah.

Intinya ini adalah tantangan yang sepertinya tidak bergunalah.. (bagi orang yang tidak paham menggambar). Namun di mata saya ini bagaikan tantangan anak 5 tahun yang ditantang teman2 sebayanya untuk berpuasa full satu bulan penuh. Full!. dan jujur itu sangat berat..apalagi istri saya sempat berkata, " lebih baik zikir 30 hari, Pah. dapat pahala.."(dia benar). harga diri sebagai "samurai ilustrator" lah yang membuat saya melakukannya..

Nah..kita tinggalkan ke"gila"an di atas dan kita lihat hasil rekapitulasi sketsa inktober  2015 silam. saya mengambil tema #myviewtoday untuk memudahkan ide sketsa, namun sedikit tidak berhasil. karena rutinitas saya rumah ke kampus , dari kampus eh ke rumah lagi..dan terus berulang2. Intinya saya itu anak rumahan yang sok sok an bikin tema yang seolah2 sering jalan2 seperti traveler 'alay' yang dikit dikit selfi, akibatnya ide idenya banyak seputar kegiatan saya di rumah atau di kampus.. atau seperti ngantar istri belanja, ngajar, nungguin anak di leslesan, atau 1 atau2 hunting sketsa bareng mahasiswa saya. Jadi #myviewtoday nya datar sekali.. dan BTW tidak semua sketsa saya buat liveketch , ada beberapa sketsa yang dibuat melalui observasi foto dulu baru disketsa.
Baiklah langsung saja, check this out:)


Hari Pertama. Sketsa saat Praktek Studio Studio Perancangan Arsitektur 3 (SPA 3). di depan saya terlihat 3 orang mahasiswa  dan 1 mahasiswi yang sedang serius mengerjakan tugas studio, mahasiswa paling kanan terlihat bingung atau grogi saat saya gambar :0 

Hari Ke2. Sketsa kondisi taman Vanderpijl saat sore hari ini diambil selepas tugas SPA 3 selesai. setelah menuntut ilmu di studio beberapa mahasiswa ikut hadir melepas ketegangan di studio dengan menggambar di taman. sambil berdiskusi kami mensketsa aktivitas di taman yang menjadi ikon Kota Banjarbaru Sketsa lapangan cenderung sangat sedikit waktunya yaitu setelah ashar hingga sebelum maghrib .

Hari Ke 3. Sketsa anak saya menikmati makan siang. Sketsa ini  digambar saat istri saya sedang tugas ke luar kota, makanya tugas "pelayanan"makan siang sementara saya yang ambil alih hehe..

Hari Ke 4. Sketsa Rais dan Tungku pembakaran sampah. Sketsa ini diambil saat pagi hari selepas anak-anak mandi. berbekal donat oleh oleh istri yang datang dari luar kota tadi malam, anak saya tersebut mencoba menikmati makanannya sambil melihat atraksi "api unggun" yang ada di hadapannya, namun yang ia temui adalah pengalaman baru: jangan dekat-dekat dengan api..

Hari Ke 5. Sketsa makan siang di warung pizza. Setelah terpisah beberapa hari dari keluarga, istri saya menraktir kami makan di warung "lempeng" Itali..momen yang kata orang2 kota 'kualiti taim' :)

Hari Ke 6. Sketsa saat mencuci motor. Motor yang kotor setelah dititipkan di bandara beberapa hari oleh istri harus di cuci benar benar bersih!

Hari Ke 7. Sketsa Allnew Hoda Brio versi saya. Berawal dari tantangan seorang salah satu pecinta mobil ini, plus karena  saya yang belagu sering posting sktesa..dimulailah tantangan menggambar Mobil Brio. Jujur saya kurang menyukai desainnya..makanya saya rombak sedikit desainnya, hasilnya : Brio 'gambot' yang sedang isi bensin.

Hari Ke 8. Sketsa Rapat Pembubaran Tim Akreditasi Program Studi arsitektur

Hari Ke 9. Sketsa lapangan Murdjani Kota Banjarbaru. saya dan beberapa mahasiwa memiliki kegoiatan Hunting Sketch atau KamisSketsa, ya inilah hasilnya..sketsa seputaran Banjarbaru itulah objek2 sketsa kami

Hari Ke 10. Sketsa Ibu ibu di Pasar Bauntung banjarbaru yang sedang berjualan Ikan Asin/Iwak Karing.

Hari Ke 11. Sketsa Kucing kucing Jalanan di bawah gerobak bubur. Seraya menunggu anak2 selesai makan saya mensketsa perilaku hewan urban yang sedang terlelap menunggu dilempar tulang ayam..

Hari Ke 12. Sketsa Suasana Kampung Kemuning Kota Banjarbaru. Saya menyukai sketsa kota karena sifat kontemplasinya. adanya Kampung Kota merupakan wujud pertumbuhan kota yang dipengaruhi kondisi sosial homogen antar warga kampung , menurut saya..dan itu unik.

Hari Ke 13. Sketsa Sudut favorit saya di supermarket. ikan, adalah objek yang menarik untuk digambar. menggambarkan lekuk hidrodinamisnya, menggambarkan alat geraknya, membuat saya berimajinasi bagaimana isi lautan sesungguhnya.


Hari 14. Sketsa Kucing di rumah. Gambar ini sya hasilkan saat tidak kemana2 alias di rumah saja. hehe..

Hari 15. Sketsa Pusat Warung Jajanan Minggu Raya Banjarbaru. saat sore

Hari 16. Sketsa Penjual Gulali Keliling. Sketsa kali ini saya mencoba membuat sketsa konsep sebuah karakter berserta storytelling yang menyertainya.

Hari Ke 17. Sketsa Excavator dan penggemarnya. setting sketsa ini berada di Batulicin, Tanah Bumbu kurang lebih 100km dari kota Banjarmasin.

Hari ke 18. Sketsa Gerobak Bubur yang ditinggalkan. Inilah momen tangan dan otak seakan tidak mampu lagi mensketsa karena kelelahan. Terlihat dari sketsa yang sepi pesan dan kerumitan hehe..

Hari ke 19. Sketsa Penjual Telur Bebek Asin Di Pasar Bauntung Banjarbaru

Hari ke 20. Sketsa Bangunan Indis Karya Vandepijl yang kini menjadi bangunan milik PDAM Intan Banjar, dibuat saat menunggu anak kursus

Hari Ke 21. Sketsa Motor-motor Tahun 70 dan 80an yang dimodifikasi gaya retro. di depan Cafe Interact

Hari Ke 22. Sketsa Truk Satuan Pemadam Kebakaran yang Sedang Terparkir. Akhir Bulan Oktober 2015 saat itu adalah puncaknya bencana Kabut Asap di Kalimantan
Hari Ke 23. Sketsa Aksi Helikopter Kamov Sedang membawa Air Untuk Memadamkan Kebakaran Hutan Gambut

hari Ke 24. Sketsa Warung Bakso Khas Jawa yang berada di Kampung Kuin, Banjarmasin

Hari Ke 25. Sketsa Makan Malam Saya bersama Keluarga. Nasi Goreng Pal 33

Hari Ke 26. Sketsa PKL malam hari Di Kota Banjarbaru

hari ke 27. Sketsa Suasana Sidang Akhir Ujian Gambar  Mahasiswa Bimbingan saya. Terlihat pak Novi dan Pak Saud menguji dengan cara yang unik.

Hari Ke 28. Sketsa Seorang Ayah bersama kedua anaknya. Saya begitu tersentuh saat mensketsa momen ini, ingat anak2..

Hari Ke 29. Sketsa Deret Ruko Depan KFC Banjarbaru. Pak Saud Pernah melakukannya, saya mah cuma ikut ikutan hehe..nggak juga sih, saya kehabisan ide sketsa #inktober saat itu.. :D

Hari Ke 30. Sketsa Kuliah Umum Bapak Punto Wijayanto Tentang Pengelolaan Kota Pusaka. ini Livesketch di Kelas.


Hari Ke 31. Sketsa dia. ..ya bagaimana ya..inilah 'view' saya terhadap dia.. :)

 Itulah View harian Saya selama satu bulan dalam #myviewtoday#inktober2015. mungkin tak berguna, namun inilah pencatatan. pencatatan yang tidak semua orang mampu melakukannya. dan saya tidak tahu apakah tahun depan masih ikut tantangan ini atau tidak..Wallahu a'lam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar